7 Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun Yang Alami

7 Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun Yang Alami

7 Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun Yang Alami –┬áPada saat pergantian musim atau pancaroba, banyak orang yang mengalami batuk. Tidak hanya bagi orang dewasa, batuk pada anak juga dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun

Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun, Yang perlu dipahami, batuk merupakan suatu gejala yang bersifat melindungi bagi tubuh. Batuk merupakan upaya alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru dan aliran udara yang tersumbat.

Obat Batuk Anak Umur 2 Tahun

Anak-anak usia 1 sampai 5 tahun sangatlah rentang terserang berbagai penyakit seperti batuk, demam, flu dan pilek. Dan ketika sang anak terserang batuk para orang tua terutama ibu akan sangat sedih. Nah, karena saking sedihnya inilah sang ibu seringkali tidak berfikir panjang sebelum memberikan obat batuk untuk anak-anak mereka.

Terkadang para ibu justru memberikan anak mereka obat batuk atau obat penurun panas yang bahkan tidak direkomendasikan oleh dokter. Padahal, untuk memberikan obat batuk, kita harus tahu apa yang menjadi penyebab batuk pada anak.

Sebelum memberikan obat batuk, kita harus mengerti dulu apa itu batuk? Batuk bukanlah sebuah penyakit, melainkan mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan yang merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing dalam saluran pernapasan seperti lendir (dahak), debu, virus, bakteri, sisa makanan, asap, dll.

Ada beberapa macam penyebab batuk, namun umumnya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu. Alergi, asma dan TBC juga dapat memicu batuk. Adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, tersedak, menghirup asap rokok dapat juga mengakibatkan batuk.

Resep Obat Batuk Anak Secara Alami

Jika anda ragu dengan obat-obatan kimia, cobalah dengan menggunakan obat batuk tradisional yang bisa anda temukan di kebun atau halaman rumah anda. Berikut beberapa obat batuk anak umur 2 tahun yang bisa anda racik dan mudah di temukan di sekitar rumah anda ;

  1. Kunyit
    Selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa kita gunakan untuk mengobati batuk anak.
  2. Kencur
    Selain kunyit masih ada bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk anak, namanya adalah kencur. Kencur ini berkhasiat meringankan batuk pada anak.
  3. Minyak Telon
    Untuk anak usia dibawah 6 bulan paling tepat jika menggunakan minyak telon untuk mengurangi batuk. Minyak yang digunakan bisa minyak kayu putih, minyak peppermint, maupun rosemary. Oleskan minyak tersebut pada leher dan dada bayi anda. Ingat jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan panas.
  4. Bunga Belimbing Wuluh
    Belimbing wuluh merupakan sayuran yang rasanya sangat asam. bentuknya mirip seperti ketimun tapi berukuran kecil dan kulitnya tidak sekeras ketimun. Tanyakan di penjual obat tradisional di pasar pasti tahu. Nah, bunga dari belimbing wuluh ini akan kita gunakan untuk mengobati batuk anak.
  5. Jeruk Nipis dan Madu
    Madu merupakan bahan makanan berkhasiat dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Sementara jeruk nipis bersifat mengatasi radang dan infeksi.
    Obat Batuk Pilek Anak Usia 2 Tahun

Ada juga cara yang lebih sederhana dan praktis lagi selain obat batuk anak umur 2 tahun yaitu menggunakan Obat Madu Batuk Anatuk.

Obat Batuk Bayi Umur 2 Tahun

Madu batuk anatuk ini terbuat dari herbal alami yang sudah jelas aman untuk di konsumsi dan di dalamnya terkandung 8 herbal alami apa saja nih yaitu madu murni, habbastussauda, jahe merah, senggugu, sambiloto, daun mint, kunyit, propolis.

Order dan pemesanan bisa melalui SMS/WA/LINE 0857 9994 3044 | PIN BBM 325 BE 6AD.

Cara Mencegah Batuk Dan Mengobati Batuk Pada Anak

Tidak mudah untuk mencegah batuk pada anak, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi penularan.

Pada musim flu, Anda dapat mengajak anak mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran virus. Minta orang dewasa di tempat aktivitas anak Anda untuk melakukan hal yang sama. Kemudian, jangan biarkan anak-anak Anda mendekati orang yang terkena flu batuk.

Larang perokok berada di sekitar rumah atau tempat aktivitas anak. Menjadi perokok pasif bagi anak dapat menyebabkan dirinya menghadapi berbagai risiko kesehatan selain batuk, antara lain asma, alergi, pilek, dan lain-lain.

Perhatikan jadwal vaksinasi anak. Pastikan si kecil memperoleh vaksinasi difteri, pertusis/batuk rejan, dan tetanus (DPT). Jika diperlukan, minta dokter untuk memberikan vaksinasi khusus flu juga.

Batuk sebagai respons alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing lain, harus disikapi dengan tepat. Lakukan perawatan di rumah untuk membantu melegakan pernapasan anak, obat batuk anak yang sesuai dengan jenis batuk dan usia juga dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala, apalagi obat batuk dengan variasi
rasa yang disukai anak dapat mempermudah pemberian obat pada anak

 

Topik Bahasan:

obat batuk anak umur 2 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *