7 Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Yang Paling Ampuh dan Aman

7 Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Yang Paling Ampuh dan Aman

Anatuk.Com – Bund, jujur yaa kalau lihat anak sakit itu rasanya seperti hati teriris iris, butuh banget yang namanya Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak tapi harus yang alami karena bahan alami pastinya lebih aman untuk anak.

Menyembuhkan batuk anak emang gampang gampang susah, pas cocok dibiarkan aja e e sudah sembuh tapi kalau pas lagi susah yaa ampun sampai diberi obat apa aja tidak mau sembuh.

Tapi kalau diberi obat terus terusan kasihan banget rasanya, masih kecil sudah diberi obat ini itu, tapi gimana lagi batuk pada anak di malam hari itu membuat dia jadi susah untuk istirahat.

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak

Batuk adalah respon yang terjadi saat ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa melalui mulut, hidung, tenggorokan. Benda asing tersebut tidak tersaring oleh bulu hidung.

Beberapa benda asing yang membuat anak menjadi batuk diantaranya asap rokok, asap kendaraan, debu, polusi udara, dan lain sebagainya yang masuk ke saluran pernafasan sehingga jadilah anak terkena batuk.

Batuk sebagai respon dari adanya benda asing ini bisa mengindikasikan berbagai hal, mulai dari terserang penyakit tertentu atau reflek dari kesehatan yang mulai terganggu karena adanya virus dan bakteri disana.

Jika anak batuk maka sebenarnya dalam sistem tubuh sedang berusaha mengeluarkan benda asing tersebut dan berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh utamanya pada sistem pernafasan.

batuk pada anak di malam hari

Terdapat berbagai macam jenis batuk

Dari berbagai respon batuk dapat dikategorikan berbagai jenis batuk, dan jenis jenis batuk ini diderita mulai dari anak anak sampai dengan orang dewasa, yaitu:

1) Batuk Akut

Batuk akut maksudnya batuk yang sangat lama jangka waktunya bahkan bisa melebihi 14 hari belum mengalami tanda tanda kesembuhan, intensitasnya juga sangat sering.

Memang terkadang batuk akut ini bersifat sementara maksudnya dalam beberapa hari dia batuk terus dengan intensitas yang tinggi, lalu tiba tiba tidak batuk lagi.

2) Batuk Kronis

Sebenarnya batuk kronis ini adalah batuk lanjutan dari batuk akut, jadi batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan tiba tiba batuk saat tidur ini sudah menampakan gejala penyakit paru paru.

Kalau batuk yang diderita semakin parah maksudnya semakin lama dan semakin sering maka harus segera diperiksa oleh dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

3) Batuk Berdahak

Batuk yang disertai dengan keluarnya serat atau keluarnya dahak, dahak yang dihasilkan jumlahnya juga berbeda beda, kalau banyak berarti infeksi pada saluran pernafasan semakin parah.

Batuk berdahak disebabkan karena adanya virus dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pernafasan. Virus tersebut diantaranya TBC, Influenza, bronkitis, infeksi saluran nafas.

4) Batuk Kering

Berbeda dengan batuk berdahak tadi yaa kalau batuk kering ini terjadi tanpa mengeluarkan dahak biasanya dikarenakan kondisi kelembapan udara yang tinggi, ada alergen yang masuk, dan menyempitnya bronkus.

Terkadang batuk kering ini jangka waktunya lebih lama dari batuk berdahak, dan ketika menderita batuk kering biasanya penderita tidak merasa puas karena sering batuk tapi tidak mengeluarkan apapun maksudnya dahak.

Apalagi kalau anak yaa Bund, lihat dia batuk batuk terus itu rasanya kasihan, apalagi biasanya kalau batuk sampai wajahnya memerah dan hampir keluar air mata, tenggorokan serasa ada biji kedondong.

Menyembuhkan batuk berdasarkan jenis batuknya

Untuk masalah menyembuhkan batuk anak pasti Bunda akan memilih bahan bahan yang alami dan tidak tercampur berbagai bahan kimia, maklum untuk ukuran anak memang harus sangat dikurangi memasukan bahan kimia.

Apalagi batuk pada anak di malam hari sangat sangat mengganggu waktunya untuk beristirahat, parahnya lagi tiba tiba batuk saat tidur selain membuat dirinya kurang istirahat dan juga membuat keluarga jadi terganggu istirahatnya.

Nahh kali ini Anatuk.Com mau menceritakan 7 cara menyembuhkan batuk anak dengan cara yang paling ampuh dan juga aman.

Mulai dari cara mengobati batuk kering pada anak, batuk pada anak di malam hari, tiba tiba batuk saat tidur, atau cara mengobati batuk kering pada anak, langsung saja kita bahas yaa

1. Jeruk dan Kecap

Resep yang satu ini memang sudah terkenal sejak zaman nenek moyang dulu, jadi kalau ada yang batuk biasanya langsung diberi kecap yang ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Beberapa orang yang telah mencobanya memang berhasil dan reaksinya juga lumayan cepat, tapi apa diberikan untuk anak diijinkan? Kerena perasan jeruk ini sangat masam.

Kalau terlalu masam bisa melukai lambung si kecil. Takaran yang bisa diberikan yaitu satu sendok saja, bisa sihh sebenarnya dicoba karena bahan bahannya juga alami, yang penting tidak berlebihan

2. Jahe dan Kencur

Kedua bahan ini adalah bumbu dapur yang memiliki fungsi untuk menyedapkan masakan yang dibuat, selain itu kalau untuk jahe biasanya dipakai untuk membuat minuman yang menghangatkan badan.

Kencur juga memiliki khasiat tersendiri, kalau untuk orang dewasa ketika batuk bisa langsung mengunyah kencur ini dan menghisap airnya, lalu ampasnya bisa dibuang, tidak usah terlalu banyak cukup 1 cm saja.

Tapi kalau untuk anak anak tentu cara untuk memberikannya juga berbeda yaa Bund, karena anak anak kalau langsung disuruh untuk mengunyah pasti tidak mau.

Cara mudah meramu obat batuk

Untuk menggunakan bahan jahe dan kencur sebagai obat batuk untuk anak anak caranya sangat mudah yaitu:

=> Bersihkan jahe dan kencur

=> Masing masing ambil 1 cm saja

=> Tumbuk keduanya tapi jangan halus, cukup di geprek

=> Rebus ramuan sampai air rebusan tinggal setengah

=> Berikan air rebusan kepada si kecil saat sudah tidak terlalu panas

Jika si kecil tidak mau meminumnya karena rasa yang tidak enak, Bunda bisa menambahkannya dengan madu untuk membuat rasa ramuan menjadi manis.

Kalau si kecil tidak mau minum kan percuma juga Bunda membuatnya, ohh yaa Bund berikan ramuan ini secara rutin pagi dan sore, batuk si kecil akan segera reda.

3. Madu

Madu sudah terkenal dikalangan ahli herbal yaa Bund, pasti Bunda juga tau kalau bahan yang satu ini memang sangat manjur kalau dipakai untuk menyembuhkan batuk.

Tidak hanya batuk tapi berbagai penyakit bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan madu, ada juga produk herbal untuk menyembuhkan batuk dengan menggunakan bahan dasar madu.

Madu yang dipilih harus yang murni karena kalau menggunakan madu yang sudah ditambah berbagai macam bahan tambahan maka kandungan yang ada di dalam madu akan berkurang.

cara mengobati batuk kering pada anak

Dosis yang diberikan untuk si kecil

Madu murni yang langsung diberikan untuk si kecil bisa 3 x 1 sendok makan setiap hari karena madu ini memang aman dikonsumsi untuk anak anak, yaa karena bahan alami beda dengan bahan kimia yaa Bund.

Kandungan di dalam madu dapat membantu meredakan radang pada tenggorokan si kecil, jika pemberian madu dilakukan secara rutin maka bukan tidak mungkin si kecil ini cepat sembuh dari batuk yang menyiksanya.

Nahh tugas untuk Ayah nihh Bund, Ayah yang membelikan madu murninya lalu Bunda yang memberikan nya kepada si kecil, jadi bagi tugas yaa biar kompak.

4. Air Putih

Mengkonsumsi air putih memang diwajibkan yang cukup banyak karena air putih bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dan juga bagus untuk kesehatan, jumlah yang disarankan yaitu 8-9 gelas per hari.

Jangan sampai si kecil kekurangan cairan yaa Bund, karena kalau dia pilik dan batuk terus lalu dia banyak mengeluarkan cairan dan cairan tidak diganti dengan cepat dia bisa menjadi demam.

Kalau cairan dalam tubuh berkurang maka akan berdampak pula pada sistem kekebalan tubuh si anak, yaa sistem kekebalan tubuh ini membutuhkan suplai air yang cukup.

Pengalaman pribadi yang bisa ditiru yaa Bund

Ditempat kami bekerja ada anak yang suka banget minum air putih, bahkan dia terkadang susah makan karena dia suka minum air putih terus sampai kenyang, terkadang pula kami membujuknya untuk makan nasi juga.

Memang sihh akhirnya makan nasi seperti biasa dengan lauk pauk pendukung, dan masih tetap sama dia minum air putih dengan jumlah yang banyak.

Hingga saat musim pancaroba yaitu musim hujan tapi cuaca juga panas anak anak yang lain terkena panas dan deman, si anak yang suka minum ini lebih kebal penyakit dari teman teman yang lainnya.

Nahh ini bisa dicontoh yaa Bund berikan si kecil banyak air putih tapi juga tetap awasi asupan makanan yang lain agar sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, tentunya cara mengobati batuk kering pada anak juga.

5. Daun Sirih

Daun sirih memang bahan alami yang pas untuk dipakai sebagai obat batuk anak, selain bahan alami yang aman daun sirih ini tidak mengandung efek samping apapun yang bisa berakibat buruk pada si anak.

Daun sirih juga sudah terkenal untuk semua peramu obat tradisional, banyak kandungan daun sirih yang bisa membantu menjaga kesehatan, tidak cuma orang dewasa tapi juga anak anak.

Walaupun biasanya daun sirih ini sering dipakai untuk produk kewanitaan yaa Bund, tapi sebenanrnya tidak hanya itu rahasia manfaatnya belum terkupas tuntas.

Cara meramu daun sirih untuk obat batuk

Untuk membuat obat batuk dengan bahan daun sirih caranya cukup gampang yaitu Bunda tinggal menyediakan daun sirih beberapa lembar 5-10 lembar, lalu tambahkan jahe juga bisa.

Lalu rebus semua bahan hingga air menyusut, setelah air nya menyusut paling tidak sampai separuhnya maka tinggal memberikan air rebusan tersebut kepada si kecil.

Rasanya pasti tidak enak dan biasnaya memang si kecil akan menolak, ini yang membuat tidak tega yaa Bund, ini obat tapi si kecil tidak mau meminumnya, bisa tambahkan madu yaa Bund untuk memaniskan.

6. Minyak Telon

Salah satu produk yang sangat dekat dengan si kecil adalah minyak telon yaa, karena minyak telon sering dipakai untuk menghangatkan badan di kecil, apalagi di musim penghujan ini yang suasananya memang dingin.

Bahkan ketika si kecil batuk bisa juga menggunakan minyak telon dengan cara membalurkannya di bagian dada dan tenggorokan agar lebih lega dan tidak terasa batuk batuk lagi.

Walaupun efeknya juga lama tapi setidaknya bisa Bunda coba karena ini cara yang aman, apalagi kalau untuk si kecil yang berusia belum ada 7 bulan maka dia belum diijinkan untuk mengkonsumsi berbagai obat.

Cara lain dengan terapi nafas

Ada terapi nafas juga bisa membantu cara mengobati batuk kering pada anak, caranya juga cukup mudah yaitu Bunda taruh air hangat di baskom kecil, lalu beri minyak telon secukupnya.

Hadapkan si bayi ke baskom tersebut untuk dapat menghirup uap yang keluar dari air hangat tadi yang sudah tercampur dengan minyak telon, tunggu beberapa menit agar uapnya bisa masuk ke dalam.

Tapi harus hati hati yaa karena bisa saja air dalam baskom tumpah karena tidak sengaja tersenggol, perhatikan saat Bunda menaruh baskom berisi air hangat itu.

7. Herbal Anatuk

Kami yakin Bunda terlalu sibuk dan mungkin tidak sempat untuk meramu berbagai obat batuk seperti yang ada di atas, jadi kami juga memberikan solusi untuk itu semua.

Cara mengobati batuk kering pada anak bisa dengan menggunakan herbal ANATUK, Anatuk herbal yang bisa membantu meringankan batuk anak dengan kemasan praktis dan juga aman dibawa kemana mana.

Resep yang digunakan untuk cara mengobati batuk kering pada anak memang sudah terbukti dan banyak yang merasakan khasiat dari Anatuk.

tiba tiba batuk saat tidur

Tidak hanya batuk tapi juga masalah pernafasan lainnya

Memang Anatuk tidak hanya herbal yang bisa jadi cara mengobati batuk kering pada anak tapi juga bisa mengobati berbagai macam keluhan yang berkaitan dengan sistem pernafasan.

Bisa mengatasi penyakit TBC anak, paru paru, paru paru basah, pilek, pelancar dahak, melegakan pernafasan, menghilangkan bibit asma, menambah imunitas dan juga menambah nutrisi dan stamina anak.

Anatuk memiliki kandungan beberapa bahan herbal yang diramu untuk cara mengobati batuk kering pada anak, diantaranya:

1) Madu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas yaa Bund, kalau madu ini memang membantuk berbagai macam penyakit temasuk batuk, dan madu ini menjadi bahan utama dalam pembuatan Anatuk.

2) Senggugu

Tanaman herbal yang sudah dikenal sebagai herbal yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Mulai dari flu, pilek, sesak nafas, bronkitis, sinus, dan asma. Selain itu kandaungan dari senggugu ini memiliki fungsi analgesic rasa nyeri pada saat flu atau selama batuk pilek.

3) Jahe Merah

Di atas tadi juga sudah dijelaskan tentang jahe yaa Bund untuk manfaat dan lainnya, dan memang Anatuk ini mengandung bahan bahan herbal yang sudah terbukti khasiatnya.

4) Propolis

Propolis atau sarang lebah memang sudah terbukti untuk mengatasi jamur yang dapat mengganggu kesehatan. Bisa juga menetralkan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5) Sambiloto

Dari pada Bunda cari obat penurun panas jauh jauh lebih baik gunakan sambiloto sebagai obat untuk menurunkan panas anak, pasti aman yaa Bund dan bisa juga sebagai antibiotik yang tepat.

6) Habbatussauda

Atau buah jintan hitam yang bagus untuk membunuh bakteri dan jamur, kekebalan tubuh juga akan meningkat seiring dengan cepat sembuhnya penyakit batuk yang diderita anak.

7) Kunyit

Kunyit mengandung curcuma yang dapat membantu anak lebih nafsu untuk makan, maklum yaa Bund biasanya kalau si kecil sakit dia jadi tidak mau makan.

8) Daun Mint

Untuk melegakan hidung tersumbat dan mengatasi demam serat membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap saat anak merasa tidak enak badan.

Setiap 5 ml Obat batuk herbal Anatuk mengandung ekstrak berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai masalah pernafasan, bisa juga Bunda menanyakan khasiat dari produk Anatuk ini kepada dokter yang sudah ahli.

Cocok untuk anak usia dibawah 1 tahun

Anatuk aman dikonsumsi anak dibawah 1 tahun tapi harus diberi dengan takaran yang pas, jika rasa Anatuk kurang manis walaupun sudah ada madunya tapi Bunda bisa menambahakn madu lagi agar si kecil mau meminumnya.

Nahh sekian yaa Bund cara mengobati batuk kering pada anak, untuk pemesanan Bunda bisa langsung menghubungi CS

Bunda bisa menghubungi Kak EVa di

  • Bisa lewat SMS/WA di 0857 9994 3044

  • Kalau punya akun LINE bisa juga langsung ke @liy4943s jangan lupa sertakan @ yaa

Cadangkan selalu Anatuk di rumah yaa Bund demi anugrah terindah yang ada disamping Bunda sekarang.

tiba tiba batuk saat tidur tiba tiba batuk saat tidur tiba tiba batuk saat tidur

Topik Bahasan:

saat tidur tiba2 batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *